Mengenal Litespeed, Fitur, Keunggulan Dan Fungsinya Untuk Webserver

By | 29 Januari 2020
0 Shares

mungkin banyak dari kita yang tidak mengenal dengan baik apa itu litespeed. jika anda seorang administrator jaringan mengenal litespeed adalah hal yang wajib anda ketahui karena litespeed merupakan webserver yang paling banyak digunakan karena kualitas dan kuantitas yang tinggi dalam hal kecepatan website. tentu kecepatan website ini sangatlah berpengaruh terhadap SEO status pada web kita bukan nah pada kali ini saya akan membahas secara lengkap yakni mengenal litespeed,fitur, keunggulan dan fungsinya untuk webserver

apa itu litespeed ?

litespeed merupakan sebuah web server besutan dari perusahaan litespeedtech dan merupakan salah satu webserver terbaik di kelasnya jika dibandingkan dengan nginx dan apache maupun webserver yang lainya litespeed masih 100% paling unggul karena kualitas kecepatan dan minimize cache yang sangat baik. setelah mengenal litespeed mari kita bahas tentang fitur-fitur litespeed dibawah ini

Fitur – Fitur LiteSpeed

  • LiteSpeed Caching (LSCache) dengan ESI

    Selain dukungan modul caching khusus yaitu LSCache untuk konten statis seperti gambar/css/javascript, LiteSpeed juga mendukung Edge Side Includes (ESI) yang memungkinkannya untuk melakukan caching pada konten yang bersifat dinamis, keduanya akan membantu meningkatkan kinerja web anda dengan signifikan. Berita baiknya, ESI ini sudah termasuk dalam modul plugin LSCache yang siap digunakan pada CMS populer seperti WordPress, Joomla, OpenCart, PrestaShop, dan Drupal.

  • Protokol HTTP/2 + QUIC

    Sudah mendukung standar protokol HTTP/2 dan QUIC terbaru yang digunakan untuk menggantikan protokol HTTP1.1 yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun saat ini. Selama anda sudah menggunakan browser terbaru maka anda akan dapat menikmati secara langsung peningkatan kinerja dengan HTTP/2 ini tanpa melakukan apa pun.

  • Redis Database Caching

    Redis merupakan teknologi open-source yang diadaptasi oleh LiteSpeed untuk melakukan caching query database yang sangat sering dilakukan ataupun object-cache pada CMS populer seperti wordpress. Teknologi ini melakukan caching pada memori server sehingga request query database anda dapat langsung muncul jauh lebih cepat tanpa melakukan query manual dahulu pada disk server yang memiliki response time jauh lebih lambat dibandingkan memori server.

  • CloudFlare Railgun

    Kompatibilitas penuh dengan CloudFlare Railgun yang merupakan teknologi kompresi terbaik dari CloudFlare untuk melakukan caching dari website anda untuk konten-konten yang tidak dapat masuk pada caching LiteSpeed. Teknologi ini akan melakukan koneksi secara permanen dari website anda ke CloudFlare agar konten web anda selalu siap disajikan ketika pengunjung melakukan request akses pada web anda, tidak lagi menunggu CloudFlare melakukan request manual dahulu konten web anda, namun selalu tersedia sehingga memiliki waktu respon yang jauh lebih cepat.

  • Concurrent Connections

    Berbeda dengan Apache yang berbasiskan process-based, maka pada LiteSpeed web server berbasiskan event-driven yang berarti dapat melayanan hingga ratusan hingga ribuan koneksi secara bersamaan namun tidak menghabiskan memori pada server seperti halnya Apache.

  • Kompatibilitas CloudLinux

    LiteSpeed sepenuhnya kompatibel dengan CloudLinux dan modul lainnya seperti LVE, PHP Selector, Node.js Selector dan CageFS sehingga tetap memberikan fitur dan keamanan terbaik pada layanan hosting anda.

  • Anti DDOS dan Proteksi BruteForce

    LiteSpeed sudah dilengkapi dengan proteksi Anti DDOS Layer 7 dan juga proteksi BruteForce (serangan berulang-ulang) pada akses login website anda, terutama pada wordpress (wp-login.php dan xmlrpc.php) yang sangat umum dijadikan target BruteForce.

keunggulan litespeed

  • Kompatibilitas Apache

    LiteSpeed sepenuhnya kompatibel dengan Apache web server dan dapat digunakan langsung sebagai penggantinya serta tidak diperlukan adanya penyesuaian lanjutan, juga sudah mendukung file .htaccess dan mod_rewrite seperti halnya Apache.

  • Akselerasi CMS

    LiteSpeed mendukung modul akselerasi LSCache pada CMS populer yang digunakan saat ini seperti WordPress, Joomla, Prestashop, Opencart, Drupal, Xenforo, dan Mediawiki. Modul ini digunakan untuk meningkatkan akselerasi pada konten statis CMS web anda seperti gambar/css/javascript agar dapat diload dengan super cepat.

  • Kinerja dan Skalabilitas Tinggi

    Arsitektur LiteSpeed dengan berbasis event-driven memungkinkan kinerja yang sangat tinggi untuk melayanan ribuan traffic sekaligus dan juga jika terjadi lonjakan traffic secara mendadak, hal ini masih ditambah dengan proteksi lainnya seperti throttling, antiddos, anti brute-force.

Perbandingan LiteSpeed dengan Apache

berikut ini Dikutip dari LiteSpeed, berikut ini adalah grafik perbandingan kinerja antara Apache dengan NGINX dan juga LiteSpeed pada CMS WordPress dengan beberapa plugin caching WPRocket dan LSCache:

Pada grafik diatas dapat terlihat bahwa LiteSpeed memiliki kinerja jauh lebih superior hingga 7x lipat dibandingkan Apache pada CMS WordPress standar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Tes dijalankan dengan konfigurasi default sebanyak mungkin.
  • Caching Rewrite digunakan pada W3TC dan juga WPRocket untuk kinerja maksimal.
  • Tes dilakukan pada koneksi 10GBps untuk memastikan koneksi tidak menjadi hambatan.
  • Benchmark dilakukan dengan simulasi 10.000 request dengan jumlah pengguna 10 hingga 100.

Komparasi Apache vs LiteSpeed

LiteSpeed memiliki spesialisasi dalam menangani traffic dalam jumlah lebih banyak dibandingkan Apache, selain itu juga sudah didesain dengan memperhitungkan serangan DDOS agar dapat ditangani dengan lebih efisien , sebagai contoh, pada satu kasus serangan DDOS, Apache mengalami crash berulang kali sementara LiteSpeed tetap berfungsi normal sambil menolak serangan DDOS tersebut.

Sebagaimana dikutip dari BuyCpanel, beberapa poin utama keunggulan LiteSpeed dibandingkan Apache:

  1. Lebih cepat dari Apache hingga 6x lipat.
  2. Lebih cepat dari Apache hingga 3x lipat pada mode SSL
  3. Dengan modul caching LSMage pada magento dapat membuat CMS magento berjalan 75% lebih cepat.
  4. Meningkatkan kinerja PHP hingga 50%

Kesimpulan

LiteSpeed merupakan teknologi terbaik untuk menggantikan Apache saat ini berkat kinerjanya yang super cepat, dukungan modul caching untuk konten statis dan dinamis pada CMS populer, memiliki keamanan yang baik dan juga kompatibilitas terbaik dengan Apache (mod_rewrite dan htaccess).

jika anda membutuhkan license dan bantuan management untuk litespeed anda bisa menghubungi saya melalui link berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *